Tertusuk Jarum Suntik di Bioskop Bisa Tularkan HIV?

0
825
- Advertisement -

risiko terinfeksi HIV dari jarum suntik yang diletakkan di bawah kursi bioskop adalah 0,3 persen atau 1 banding 3.000.(ilustrasi)

Jakarta- Sempat beredar rumor di masyarakat bahwa ada oknum jahil yang menaruh jarum suntik di bawah kursi bioskop, yang bisa mengakibatkan orang tersebut terinfeksi HIV

Namun, seperti yang tertulis di health.liputan6.com, dr. Nadia Octavia dari Klik Dokter, mengatakan, risiko seseorang tertular virus HIV dari tusukan jarum suntik yang tidak disengaja sangat kecil.

Menurut Nadia, berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa risiko terinfeksi HIV dari jarum suntik yang diletakkan di bawah kursi bioskop adalah 0,3 persen atau 1 banding 3.000.

Itu artinya, 99,7 persen kasus tidak menyebabkan infeksi virus HIV.

“Sedangkan risiko setelah terpapar darah yang terinfeksi HIV (jika tidak ada luka di kulit) adalah kurang dari 0,1 persen,” kata dia dikutip dari situs Klik Dokter pada Sabtu (13/5/2017)

Ini dikarenakan virus HIV tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia, serta sangat sensitif terhadap perubahan pH.

Akan tetapi, orang-orang yang akan pergi ke bioskop harus tetap waspada. Nadia menyarankan, segera cuci area tubuh yang terkena tusukan jarum (yang ditakutkan dapat menularkan virus HIV tersebut dengan sabun dan air mengalir atau cairan disinfektan (chlorhexidine gluconate).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here