Perlu Adanya Peningkatan Dalam Layanan Program TB-HIV di Semua Tingkatan

0
453
- Advertisement -

Kuldesak, Depok- Guna mengumpulkan informasi terkait upaya dan progres program penanggulangan Tuberculosis -HIV (TB-HIV), LSM Kuldesak bersama LSM KAKI (Komunitas Aksi Kemanusiaan Indonesia), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok, Dinas Kesehatan (Dinkes), Perkumpulan Pemberantas TB Indonesia (PPTI) Cabang Depok dan para Kader mengadakan pertemuan koordinasi dan kolaborasi program TB-HIV .

Dikesempatan itu, Samsu Budiman selaku Direktur LSM KULDESAK mengakui bahwa masih adanya tantangan serta hambatan dalam menjalankan program. Sehingga, menurutnya perlu adanya peningkatan jejaring layanan kolaborasi antara program TB dan program HIV di semua tingkatan, komitmen politis dan mobilisasi sumber daya.

“Termaksud memastikan bahwa pasien yang terdiagnosis TB dan HIV harus mendapatkan pelayanan yang optimal untuk TB dan secara cepat harus dirujuk untuk mendapatkan dukungan dan pengobatan HIV AIDS dalam hal ini termaksud pemberian pengobatan pencegahan dengan kotrimoksasol dan pemberian ARV.” Tegasnya saat ditemui seusai acara di Aula dinas Kesehatan Lantai 3 Balaikota Depok, Jumat (20/01/12).

Disatu sisi, Budiman juga menambahkan bahwa klien atau pasien dapat membuka diri serta memahami dan menyesuaikan sikap dengan hasil tes. “Ini perlu dilakukan guna meluruskan pemahaman yang salah tentang HIV/AIDS dan mitosnya serta membantu klien mengetahui faktor resiko penuaran HIV/AIDS. Agar dapat melakukan pencegahan sesuai kondisi secepatnya.” Tandasnya.

Seperti yang sebelumnya diketahui, munculnya epidemi HIV dan AIDS di dunia telah menambah permasalahan TB, Ko-infeksi dengan HIV akan meningkatkan  risiko kejadian TB secara signifikan. Terlebih lagi, telah menjadi penyebab kematian utama pada orang HIV/AIDS (ODHA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here