5 Teknologi Guna ‘Perangi’ HIV/AIDS

0
546
mencegah penyakit HIV/AIDS. (Ilustrasi)
- Advertisement -

Kuldesak- Guna mencegah penyakit HIV/AIDS dengan baik, belakangan hadir beragam teknologi yang mendukung. Mau tahu apa saja teknologi tersebut?

Kondom Hexagonal Lelo

Kondom Hexagonal Lelo via racked.com

Mungkin saat ini Kondom Hexagonal Lelo bisa dikatakan sebagai kondom paling canggih yang ada di pasaran. Pasalnya, kondom ini diklaim tidak akan bocor, bahkan meski tertusuk oleh jarum. Tidak hanya kuat, tapi kondom ini juga sangat tipis. Dengan kondom yang sangat kuat, tentunya akan membantu dalam mengatasi permasalahan terhadap penularan HIV/AIDS yang disebabkan oleh kebocoran kondom.

Implan Pencegah HIV

Implan Pencegah HIV via liputan6.com

investor dari teknologi ini rupanya pemilik dari Microsoft, yaitu Bill Gates. Bill Gates berinvestasi terhadap teknologi ini sebesar Rp 2 triliun, dikarenakan Bill Gates prihatin terhadap para pengidap penyakit ini. Implan ini sendiri berbentuk seperti pompa kecil seukuran batang korek api dan ditanam di bawah lapisan kulit. Nantinya pompa ini secara berkala akan mengeluarkan obat pencegah HIV yang bertujuan untuk memastikan penggunanya tidak terkena HIV. Pompa kecil tersebut dapat menampung obat dengan kapasitas 6 hingga 12 bulan.

Robot Seks

Robot seks via hipwee.com

Tidak dapat dimungkiri bahwa penyebaran HIV/AIDS terbesar salah satunya karena seks bebas. Untuk menekan angka terhadap tingginya seks bebas yang dilakukan masyarakat, para pakar teknologi akhirnya berpikir untuk menciptakan sebuah robot seks.

Dengan adanya robot seks, angka seks bebas akan bisa berkurang. Dengan demikian, tentunya diharapkan angka penularan HIV/AIDS yang karena seks bebas akan dapat ditekan.

Bahkan demi merealisasikan hal tersebut, para pakar teknologi hingga saat ini terus bekerja keras mengembangkan robot seks. Di masa depan, para pakar teknologi berharap agar robot seks ini nantinya akan benar-benar mirip manusia.

Comrade

Comrade apps via youtube.com

aplikasi Android buatan bangsa kita, yaitu Comrade, sebuah aplikasi yang dibuat oleh UNIKOM CodeLabs. Aplikasi ini pada akhirnya mengantarkan UNIKOM CodeLabs meraih juara 2 pada perlombaan GEMASTIK 9 yang diadakan di Universitas Indonesia.

Untuk memerangi HIV/AIDS, pada aplikasi ini telah disematkan banyak fitur yang sangat bermanfaat, di antaranya sebagai berikut.

  • Menyediakan informasi, berita, artikel, dan kegiatan tentang HIV/AIDS.
  • Ada fitur Sahabat Berbagi, berfungsi apabila kita ingin membantu orang yang hidup dengan HIV/AIDS.
  • Ada fitur untuk konsultasi, apabila kamu ada pertanyaan terkait dengan HIV/AIDS.

jakarta AIDS

Jakarta AIDS apps via jalantikus.com

masih dengan aplikasi Android, yaitu ada Jakarta AIDS, sebuah aplikasi Android yang diluncurkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS. Aplikasi ini diluncurkan tentu saja sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap permasalahan HIV/AIDS yang ada di masyarakat.

Aplikasi ini sendiri cukup kaya fitur, beberapa fitur di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Panduan Seputar HIV/AIDS
  • Tanya Jawab Seputar Kesehatan
  • Info Lokasi Layanan
  • Media Edukasi Visual
  • Monitoring Hotspot

Nah, itu dia barusan 5 Teknologi guna ‘Perangi’ HIV/AIDS seperti yang tertulis dalam jalantikus.com. Bagaimana menurut kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here