Haruskah Menjauhi Mereka yang Terinfeksi HIV/AIDS?

0
938
Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyebab maupun cara penyebaran virus HIV/AIDS. (Ilustrasi)
- Advertisement -

Kuldesak- Belakangan ini isu HIV/AIDS kian mengemuka di berbagai negara di dunia, termaksud di Indonesia.  Bahkan tidak hanya menyangkut aspek kesehatan, akan tetapi juga menyangkut aspek kehidupan lain. Sayangnya, Berbagai miskonsepsi dan kekeliruan tentang HIV AIDS masih saja kerap membalut persepsi masyarakat awam.

Memang tidak bisa dipungkiri, HIV/AIDS merupakan salah satu pandemik yang berbahaya. Bahkan, keganasan dari pandemik ini seringkali tidak disertai dengan pemahaman yang cukup oleh masyarakat umum. Ironisnya lagi, pemahaman masyarakat terhadap pandemik ini seringkali tercampur aduk oleh mitos-mitos, salah kaprah, sehingga masih banyak pandangan masyarakat umum yang keliru terhadap isu ini.

Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyebab maupun cara penyebaran virus HIV/AIDS ini menyebabkan masyarakat tidak mau berkomunikasi serta bertatap muka dengan ODHA (Orang dengan HIV AIDS). Padahal, mereka yang sebagai ODHA sangat membutuhkan dorongan serta motivasi dari lingkungan sekitar. Agar mereka tetap semangat dalam menghadapi keadaan yang telah menderanya.

Itu sebabnya, sangat penting memberikan pengetahuan tentang penyebab maupun cara penyebaran HIV/AIDS kepada masyarakat, agar masyarakat tidak lagi mengucilkan mereka yang terinfeksi HIV/AIDS, dan  mulai merangkul para ODHA tersebut. Karena kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan bagi para ODHA sebagai penyemangat diri mereka. Terlebih lagi mereka pun jika mengkonsumsi obat secara rutin tetap dapat produktif dalam kesehariannya. (Berty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here