Peringatan Hari AIDS Sedunia 2017, Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya!

0
348
World AIDS Day 2017
- Advertisement -

”STOP HIV AIDS Jauhi Virusnya Jangan Orangnya ” Yap kalimat tersebut benar sekali, karena yang kita tahu dari sekian orang yang terserang virus berbahaya ini, diantara mereka pasti dijauhi oleh banyak orang, kenapa ? Hal ini terjadi karena minim masyarakat awam mengetahui bagaimana menjauhi penyebab HIV/AIDS.

Kementerian Kesehatan pada Mei 2016 mengeluarkan data bahwa jumlah mereka yang dilaporkan infeksi HIV hingga Maret 2016 di Tanah Air mencapai 198.219 orang. Sedangkan, untuk jumlah AIDS di Indonesia dari hingga Maret 2016 mencapai 78.292 orang.

Terkait hal tersebut, Menurut Samsu Budiman selaku Ketua Umum Yayasan sekaligus ketua LSM ODHA Kuldesak (Kumpulan Dengan Segala Aksi Kemanusiaan), ada dua faktor yang menyebabkan tingginya angka penularan HIV/AIDS tersebut.

“Penularan HIV/AIDS ditularkan melalui ibu dan anak. Kemudian, penularan akibat hubungan seksual antara penyuka sesama jenis atau dikenal LGBT,” jelas Samsu di talkshow GoHitz Anniversary 4G Jauhi Aids, Bukan Orangnya di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Sejak pertama kali ditemukan kasus ini pada 1987 hingga 2006, jumlah kasus HIV yang dilaporkan di Indonesia tercatat sebanyak 859 orang, kemudian mengalami kenaikan drastis sebanyak 32.711 orang pada 2014 dan pada Maret 2016 mencapai angka 7.146 orang.

Kemudian, jumlah AIDS yang dilaporkan dari tahun 1987 hingga 2005 tercatat sebanyak 5.231 orang, kemudian mengalami peningkatan drastis pada 2013, yaitu 11.682 ODHA. Selanjutnya pada Maret 2016 tercatat 305 orang ODHA.

Meski begitu, para ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) harus mulai dirangkul bukan didiskriminasi. Hal ini agar membantu pencegahan dan penyebaran HIV/AIDS di Indonesi lebih optimal.

“ODHA seharusnya bisa menjadi perpanjangan tangan atau penyambung lidah untuk memberikan informasi yang tepat mengenai HIV/AIDS kepada publik,” tambah Samsu.

Melihat kasus tersebut, GoHitz mengajak masyrakat untuk berperan aktif menanggulangi penyebaran HIV/AIDS dan juga merangkul para mereka yang terinfeksi HIV/AIDS dengan sebutan ODHA.

Perlu diketahui, tepat di hari ini tanggal 01 Desember memang sudah lama disepakati sebagai peringatan ‘Hari AIDS Sedunia’. Peringatan ini bisa dibilang sangat penting lho, karena setidaknya ada satu hari yang bakal mengingatkan kita soal kepedulian dan keprihatinan terhadap penyakit yang berdampak pada kematian tersebut.

Menurut sejarahnya, ide peringatan ‘Hari AIDS Sedunia’ ini awalnya dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Program AIDS Global Organisasi Kesehatan Sedunia di Jenewa, Swiss pada tahun 1987. Alhasil sejak saat itu, peringatan ini pun terus gencar dilakukan hingga sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here